Cara Kerja

Gimana caranya menjadi
bagian dari ALAMI?

WhatsApp Chat

Apa yang bikin ALAMI berbeda?

patuh pada syariah
Berbasis Syariah

ALAMI berusaha untuk menjaga model bisnis yang dijalankan sesuai dengan prinsip syariah.

ojk-Indonesia
Berizin dan Diawasi OJK

Fintech illegal ? Bukan ALAMI yang jelas. Kita udah mendapatkan izin di OJK per Mei 2020 kemarin

pendanaan berkualitas
Pembiayaan Berkualitas

Semua penerima pembiayaan udah terbukti bisa melewati risk assessment criteria ALAMI. Jadi enggak perlu khawatir!

kompetitif
Imbal Jasa Kompetitif

Ingin punya dana produktif? Tapi bingung dimulai dari mana? Coba di ALAMI deh!

no late payment
Tidak Ada Denda Keterlambatan

Buat para penerima pembiayaan, kita enggak akan kenain denda keterlambatan! Jadi enggak perlu pusing yah

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Siapa yang dapat menjadi Pendana di ALAMI?
Perorangan atau badan usaha. Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA) berusia minimal 17 tahun dan melampirkan identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) disertai NPWP untuk WNI. Bagi WNA melampirkan paspor disertai rekening bank di Indonesia.
Bagaimana cara memberikan pendanaan?

Calon pendana dapat melakukan pendaftaran (sign up) pada link ini. Setelah mendapatkan verifikasi email Anda diminta untuk melengkapi profil pada platform ALAMI. Setelah berhasil dilengkapi Anda akan dikirimkan dokumen perjanjian untuk dilakukan tanda tangan elektronik (eSign). Tim ALAMI akan melakukan verifikasi data,dan Setelah berhasil diverifikasi Anda dapat melihat perusahaan yang sedang listing dan memulai pembiayaan pada perusahaan yang dipilih.

Biaya apa saja yang harus dikeluarkan?
Pendana tidak akan dikenakan biaya apapun atas jasa penggunaan platform pada ALAMI.
Apa risiko dalam memberikan pendanaan?

Risiko yang dihadapi Pendana adalah apabila penerima pembiayaan tidak melakukan pengembalian atas pendanaan yang diterima sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan. Hal tersebut dapat disebabkan karena pemberi kerja (bouwheer) belum melakukan pelunasan atau moral hazard dari penerima pembiayaan. Oleh karena itu ALAMI berkomitmen dalam melakukan seleksi sebaik mungkin dalam menyaring UKM penerima pendanaan.

Apakah terdapat potensi keterlambatan pembayaran?
Potensi tersebut ada. Dalam mengantisipasi hal tersebut tim ALAMI telah melakukan analisa untuk menyeleksi calon penerima pembiayaan dengan kualitas yang baik. Apabila potensi semacam itu terjadi tim ALAMI akan menjalin komunikasi yang baik untuk tetap menagihkan. Apabila tetap tidak tertagih, maka tim ALAMI akan melakukan eksekusi terhadap jaminan yang diberikan di awal akad dapat berupa giro mundur, jaminan personal, atau jaminan lainnya.

Bagaimana mekanisme pelaporan pajak atas imbal jasa/ujrah yang saya terima?

Pelaporan pajak pemberi pendanaan dilakukan secara pribadi dengan mengikuti PPh 21 yang nilainya berlaku progresif sesuai dengan tarif pajak pribadi kamu. Jika kamu adalah WNI yang sedang bekerja di luar negeri, imbal jasa hasil pemberian pendanaan dikenakan 20% final sesuai dengan PPh 26 dan dilaporkan secara pribadi.

CTA

Buat dana-mu lebih bermanfaat dengan movement dari ALAMI.