Punya pertanyaan?

Perlu Info Lebih Lanjut ?

Q.Siapa yang dapat menjadi Pendana di ALAMI?
A.Perorangan atau badan usaha. Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA) berusia minimal 17 tahun dan melampirkan identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) disertai NPWP untuk WNI. Bagi WNA melampirkan paspor disertai rekening bank di Indonesia.
Q.Bagaimana cara memberikan pendanaan?
A.Calon pendana dapat melakukan pendaftaran (sign up) pada link ini. Setelah mendapatkan verifikasi email Anda diminta untuk melengkapi profil pada platform ALAMI. Setelah berhasil dilengkapi Anda akan dikirimkan dokumen perjanjian untuk dilakukan tanda tangan elektronik (eSign). Tim ALAMI akan melakukan verifikasi data,dan Setelah berhasil diverifikasi Anda dapat melihat perusahaan yang sedang listing dan memulai pembiayaan pada perusahaan yang dipilih.
Q.Biaya apa saja yang harus dikeluarkan?
A.Pendana tidak akan dikenakan biaya apapun atas jasa penggunaan platform pada ALAMI.
Q.Apa risiko dalam memberikan pendanaan?
A.Risiko yang dihadapi Pendana adalah apabila penerima pembiayaan tidak melakukan pengembalian atas pendanaan yang diterima sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan. Hal tersebut dapat disebabkan karena pemberi kerja (bouwheer) belum melakukan pelunasan atau moral hazard dari penerima pembiayaan. Oleh karena itu ALAMI berkomitmen dalam melakukan seleksi sebaik mungkin dalam menyaring UKM penerima pendanaan.
Q.Apakah terdapat potensi keterlambatan pembarayan?
A.Potensi tersebut ada. Dalam mengantisipasi hal tersebut tim ALAMI telah melakukan analisa untuk menyeleksi calon penerima pembiayaan dengan kualitas yang baik. Apabila potensi semacam itu terjadi tim ALAMI akan menjalin komunikasi yang baik untuk tetap menagihkan. Apabila tetap tidak tertagih, maka tim ALAMI akan melakukan eksekusi terhadap jaminan yang diberikan di awal akad dapat berupa giro mundur, jaminan personal, atau jaminan lainnya.
Q.Kapan imbal hasil keuntungan akan diterima?
A.Imbal hasil atau ujrah dari pendanaan akan diberikan sesuai dengan jatuh tempo perjanjian pembiayaan. Pada saat jatuh tempo pembayaran, Anda akan menerima pembayaran pelunasan (repayment) pada virtual account yang dapat dilihat pada dashboard platform ALAMI Anda.
Q.Apakah dikenakan pajak atas keuntungan yang diterima?
A.Ya, pengenaan pajak akan dilakukan sesuai dengan ketentuan undang-undang yang berlaku. Apabila Anda memiliki NPWP maka pendapatan yang diterima akan dibayarkan pajak sebesar 15% dan apabila tidak memiliki NPWP maka akan dibayarkan sebesar 20%. Pembayaran tersebut akan dilakukan oleh penerima pembiayaan dan bukti potongnya dapat diakses pada dashboard Anda.
Q.Apa itu pembiayaan Anjak Piutang (Invoice Financing)?
Pembiayaan Anjak Piutang (Invoice Financing) adalah transaksi pembiayaan yang didasarkan pada bukti tagihan (invoice) untuk jasa pengurusan penagihan piutang. Bukti tagihan kepada pemberi kerja (bouwheer) akan dijadikan dasar (underlying) calon penerima pendanaan (beneficiary) kepada pihak lembaga keuangan dan Pendana (funder) untuk mendapatkan pembiayaan. Bukti tagihan tersebut akan dikelola oleh lembaga keuangan dan calon penerima pembiayaan akan mendapatkan pendanaan berupa dana talangan berdasarkan bukti tagihan yang dimiliki.
Q.Akad apa yang digunakan pada pembiayaan Invoice Financing?
Akad Invoice Financing berlandaskan pada Fatwa DSN No. 67/DSN-MUI/III/2008 dan 117/DSN-MUI/II/2018. Calon penerima pendanaan (beneficiary) yang memiliki bukti tagihan (invoice) dapat mengajukan pendanaan tersebut kepada ALAMI sebagai Lembaga Keuangan Syariah (LKS). Berdasarkan bukti tagihan tersebut, ALAMI kemudian akan menawarkan kepada calon Pendana (funder) untuk memberikan pembiayaan dengan akad wakalah bil ujrah disertai dengan dana talangan dengan akad qardh. Penerima pendanaan akan melimpahkan kuasa kepada penerima pendanaan sebagai wakil untuk mengelola bukti tagihan. Pendana kemudian akan memberikan kuasa kepada ALAMI sebagai wakil untuk mengelola bukti tagihan dari penerima pembiayaan. Atas jasa pengelolaan bukti tagihan tersebut, penerima pembiayaann akan memberikan ujrah sebagai jasa pengelolaan kepada Pendana. Dan atas jasa penggunaan platform ALAMI, penerima pembiayaan akan memberikan ujrah kepada ALAMI.
Q.Apa itu akad Qardh?
Qardh atau pinjaman adalah suatu akad pinjaman kepada orang lain tanpa mengharapkan imbalan. Akad ini termasuk dalam akad tabarru’ (kebajikan). Seseorang yang diberikan pinjaman wajib mengembalikan sesuatu yang dipinjamkannya pada waktu yang telah disepakati. Dalam hal nasabah tidak menunjukkan keinginan mengembalikan sebagian atau seluruh kewajibannya dan bukan karena ketidakmampuannya LKS dapat menjatuhkan sanksi kepada nasabah berupa penjualan barang jaminan.
Q.Apa itu akad Wakalah bil Ujrah?
Wakalah adalah pelimpahan kekuasaan oleh seseorang kepada orang lain untuk melakukan suatu aktivitas atas nama pemberi kuasa. Wakalah adalah akad dari pemberi kuasa (muwakkil) kepada penerima kuasa (wakil) sebagai wakilnya dalam bertindak. Penerima kuasa dapat menerima imbalan atas jasa mewakilkan suatu aktivitas dari pemberi kuasa.
Q.Persyaratan Mengajukan Pembiayaan Invoice Financing
Calon penerima pembiayaan telah memiliki bukti tagihan atas suatu pekerjaan yang telah selesai dilakukan. Memiliki dokumen-dokumen yang menunjukkan bahwa pekerjaan telah selesai seperti Berita Acara Serah Terima (BAST). Sehingga status dengan pemberi kerja (bouwheer) adalah piutang yang akan segera dilakukan pembayaran pada tempo waktu yang telah ditentukan.
Q.Berapa lama tenor pembiayaan Invoice Financing?
Tenor pembiayaan produk Invoice Financing adalah 1 bulan sampai maksimal 6 bulan.
Q.Apa syarat mengajukan pembiayaan di ALAMI?
Perusahaan telah berbentuk PT, CV, atau Yayasan yang menjalankan aktivitas operasional tidak bertentangan dengan syariat Islam. Telah berdiri minimal 1 tahun dan berlokasi di Jabodetabek. Melampirkan rekening koran dan laporan keuangan minimal 6 bulan terakhir. Memiliki giro mundur dan jaminan personal untuk dijaminkan.
Q.Bagaimana cara mengajukan pembiayaan di ALAMI?
Calon penerima pembiayaan membuka situs web www.alamisharia.co.id dan melakukan pendaftaran (sign up) sebagai calon penerima pembiayaan. Setelah mendapatkan email verifikasi, Anda dapat melengkapi profil pada platform ALAMI. Setelah itu Anda dapat mengajukan pembiayaan dengan melengkapi identitas perusahaan yang bersangkutan dan upload dokumen yang diperlukan. Setelah itu Anda akan mendapatkan notifikasi terhadap status pengajuan perusahaan melalui dashboard atau Tim ALAMI akan menghubungi PIC yang bersangkutan.
Q.Berapa pembiayaan yang dapat diajukan pada ALAMI?
Minimal pembiayaan yang dapat disalurkan adalah Rp 50.000.000 dan maksimal adalah Rp 2.000.000.000. Nilai pembiayaan yang disalurkan didasarkan pada nilai invoice yang dimiliki calon penerima pembiayaan. ALAMI akan mendanai maksimal 80% dari nilai invoice yang dimiliki.
Q.Bagaimana skema peer to peer ALAMI?
ALAMI akan menerima pengajuan pendanaan anjak piutang dari UKM pada platform. Kemudian ALAMI akan melakukan credit scoring terhadap UKM yang mengajukan. Credit Scoring didasarkan pada analisa kualitatif dan kuantitatif. Analisa kuantitatif didasarkan pada laporan keuangan dan rekening koran. Analisa kualitatif didasarkan pada riwayat historis dan juga analisa kunjungan ke tempat usaha. Setelah mendapatkan hasil skoring, ALAMI akan memberikan penawaran perjanjian pembiayaan. Setelah Anda setuju, maka permohonan pembiayaan akan segera masuk ke dalam listing dalam jangka waktu paling lambat 14 hari kerja. Setelah dana terkumpul maka akan segera disalurkan kepada UKM bersangkutan dan pelunasan akan dilaksanakan sesuai dengan jatuh tempo yang dijanjikan.
Q.Apakah transaksi pada ALAMI sudah sesuai dengan syariah?
Ya, aktivitas operasional yang dijalankan oleh ALAMI sudah sesuai dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI). Untuk produk Invoice Financing ALAMI merujuk pada Fatwa DSN No. 67/DSN-MUI/III/2008 dan 117/DSN-MUI/II/2018. Dan pengenaan ujrah didasarkan pada Fatwa DSN No. 112/DSN-MUI/IX/2017.
Q.Bagaimana ALAMI menjamin keamanan informasi yang diberikan?
ALAMI berkomitmen menjaga data pribadi atau badan hukum sesuai dengan standar dan ketentuan yang berlaku. Informasi yang akan ditampilkan pada saat listing permohonan pendanaan adalah inisial dari UKM dan data hasil skoring. ALAMI tidak akan mengungkapkan identitas dari penerima pembiayaan dan menyebarluaskan informasi perusahaan tanpa seizin pemilik data informasi.
Q.Apakah ada denda apabila terjadi keterlambatan pembayaran?
ALAMI tidak mengenakan denda keterlambatan apabila yang terjadi adalah di luar kendali penerima pembiayaan. Namun keterlambatan pembayaran akan mempengaruhi scoring UKM tersebut di kemudian hari.
Q.Apakah setiap pembiayaan listing pasti mendapatkan pembiayaan?
Jangka waktu listing pembiayaan maksimal adalah 14 hari kerja. Apabila dana yang terkumpul sudah lebih dari 55% maka pembiayaan dapat diteruskan kepada UKM. Namun apabila kurang dari 55% terkumpul maka UKM memiliki pilihan untuk membatalkan pengajuan pembiayaan, tetap mengambil pembiayaan yang terkumpul, atau memperpanjang jangka waktu listing. Apabila sebelum 14 hari kerja dana sudah terkumpul maka dana akan segera disalurkan maksimal 2 hari kerja dari dana terkumpul. Apabila dana sudah terkumpul atau sebelum 14 hari kerja listing UKM membatalkan secara sepihak maka Anda wajib membayar atas jasa yang telah dilakukan oleh ALAMI.