on ALAMI

Bagaimana Keuangan Syariah Bisa “diibaratkan” Seperti Energi Terbarukan

Bagaimana Keuangan Syariah Bisa “diibaratkan” Seperti Energi Terbarukan

Energi Angin termasuk salah satu Energi Terbarukan yang Environmental Friendly — Gambar dari FTI Journal


Keuangan syariah itu seperti energi terbarukan. Sama-sama hadir sebagai alternatif untuk dampak yang lebih baik bagi hajat hidup banyak orang.

Renewable Energy atau Energi terbarukan dihasilkan dari sumber energi yang lebih ramah lingkungan dan lebih sustainable. Mengingat sumber energi utama dunia saat ini berasal dari fossil yang jumlah supply-nya suatu saat akan habis. Pengolahannya untuk menjadi minyak bumi, batu bara, dan gas alam juga menghasilkan emisi mungkin bisa banget merusak lingkungan. Sehingga energi terbarukan atau sumber energi alternatif dari angin, surya, dan kawan kawannya dibutuhkan untuk bisa memperbaiki keadaan sebelum terlambat.

Tapi menjadikan energi terbarukan sebagai energi utama bukanlah jalan mudah. Belum lama ini ada suatu film dokumenter yang viral dan menarik berjudul Sexy Killer yang bercerita tentang apa yang lagi kejadian di dapur pertambangan fosil Indonesia. Penguasa, pengusaha, dan berbagai pihak saling mendukung. Namun dampaknya lingkungan menjadi rusak dan ribuan orang sudah menjadi korban dan beberapa lingkungan sekitar pabrik proyek batubara jadi tidak ada kehidupan. Bahkan ada beberapa desa yang tergusur gara-gara instalasi pabrik batubara. Warga desa yang menjadi korban enggak bisa melakukan apapun.

Bisnis pertambangan dari energi fosil udah jadi target para konglomerat untuk melakukan bisnis. Permainan untuk menghasilkan keuntungan besar karena biaya produksi dari batubara yang murah banget dan ada biaya yang diem diem merusakan lingkungan yang dapat ditanggung orang lain contohnya warga desa sekitar dan bahkan lingkungan kehidupan. Mereka-mereka yang berurusan didalam bisnis batubara terhadap keuntungan mungkin tidak peduli sama sekali dengan dampak sekitarnya. Walaupun pemerintah sudah mengatur.

Jumlah pemakai Energi Terbarukan di Eropa — Gambar dari eurostat
Jumlah pemakai Energi Terbarukan di Eropa — Gambar dari eurostat

Di lain sisi energi terbarukan seharusnya bisa menghadapi berbagai proses untuk bisa dipake ke semua orang. Meskipun memiliki supply yang besar tapi belom bisa dimanfaatin karena biayanya yang masih terhitung mahal, keterbatasan teknologi serta sumber daya manusianya, penelitian dan pengembangan, maupun investasi dibanding sumber energi dari batu bara yang biaya produksinya bisa dibawah Rp 1000,00- .

Data perkembangan Renewable Energy — Gambar dari iea
Data perkembangan Renewable Energy — Gambar dari iea

Tapi, kalo energi terbarukan bisa menghasilkan economies of scale atau siap digunakan secara masif biayanya akan jauh lebih murah dan biaya kerusakan yang ditanggung orang lain akan seminimal mungking. Dari segi biaya akan menjadi murah karena energi berasal dari panas matahari, energi dorongan angin, panas bumi yang bisa di convert ke energi, energi dari arus laut yang diproses di bendungan, dan beberapa tumbuhan yang bisa diolah menjadi energi. Emisi polusi yang bisa diukur jauh lebih kecil bisa berdampak baik bagi kelangsungan hidup banyak orang yang impact-nya bisa sampai lebih dari 5 tahun.

Begitu juga di dalam agama Islam. kita diatur untuk tidak mementingkan diri sendiri tapi nilai ke-syariah-annya yang datang rahmatan lil alamin, atau kesejahteraan bagi orang banyak. Mengukur kesejahteraan enggak cuman dari seberapa pendapatan negara tapi menghancurkan lingkungan demi keuntungan jangka pendek yang menimbulkan efek negatif untuk di generasi berikutnya di jangka panjang. Di sistem Syariah ini menggaris keraskan ke nila-nilai keadilan atau equality dan berkelanjutan atau sustainability,dimana kita juga harus peduli dan menjaga resources generasi saat ini yang bisa menghasilkan positive impact generasi mendatang.

3 Peranan Penting Keuangan Islam — Gambar dari Saudi Gazette
3 Peranan Penting Keuangan Islam — Gambar dari Saudi Gazette

Di perbankan syariah misalnya, saat ini hal hal yang menghambat perkembangan bank syariah sebenernya terjadi di berbagai keadaan itu ialah proses yang rumit dikarenakan kurangnya perhatian dari regulator dan biaya yang cenderung mahal dikarenakan belom banyak orang yang mau pakai bank syariah. Sama aja kaya energi terbarukan ini, masih dalam proses untuk digunakan secara masif. Dengan tujuan yang sama yaitu untuk menghidupkan sustainable living untuk orang banyak. Tapi masih butuh banyak dukungan dari kita-kita.

Keuangan syariah sebetulnya bisa menstabilkan perekonomian. Karena menekankan pada transaksi riil dibandingkan hanya sektor keuangan. Belajar dari berbagai krisis moneter seperti yang terjadi di tahun 2008, kita mengenal dengan istilah economic bubble . Karena fundamental ekonomi yang lemah ditambah dengan lonjakan ekonomi yang berakbiat menggelembung tetapi ketika pecah tidak ada isinya. Hal itu karena transaksi yang lebih kebanyakan spekulasi sektor keuangan.

Data dari IMF tentang performa keuangan syariah selama Global Crisis 2008
Data dari IMF tentang performa keuangan syariah selama Global Crisis 2008

Lembaga keuangan syariah dapat melewati badai krisis tersebut. Menurut Ibrahim dan Rizvi dari Jurnal yang mereka tulis di Emerging Markets Review, keuangan syariah memiliki kemampuan untuk menstabilkan baik dari segi keuangan dan juga dari sisi ekonomi. Secara pembiayaan, keuangan syariah itu lebih besar dari pada keuangan konvensional.

Keuangan syariah tidak hanya bisa membantu kestabilan moneter tetapi juga pembangunan sektor riil yang kuat secara fundamental. Kita bisa melihat dari bagaimana perbankan syariah bisa bertahan dalam melewati krisis yang disebabkan economic bubble dalam sektor keuangan yang memainkan aktivitas spekulasi. Disamping itu, nilai-nilai syariah dibangun untuk menjaga keberlanjutan untuk hajat hidup orang banyak.

Lembaga keuangan syariah yang sama dengan visi dan misi tersebut seperti ALAMI. Fintech peer-to-peer financing syariah ini berusaha untuk tidak hanya fokus pada transaksi keuangan tapi juga bagaimana memberikan impact keberlanjutan dengan orang banyak, untuk dunia yang lebih baik lagi dalam jangka panjang.

Dalam mencapai hal itu, ALAMI akan menggabungkan pendapatan yang diterima pendana dengan kesempatan bersedakah. Sehingga pendana, selain mendapatkan keuntungan dari pendanaan, juga membantu orang-orang yang membutuhkan. Berusaha untuk mengupdate setiap progres dari sedekah yang diberikan dalam platform. Seperti sedekah pembangunan untuk sekolah dan bagaimana perkembangan selanjutnya bangunan tersebut dan murid-murid di bersekolah di sekolah tersebut.

Seperti halnya energi terbarukan tujuan dari penerapan keuangan syariah adalah keberlanjutan dan kesejahteraan bagi orang banyak. Dimana kita tidak hanya mempentingkan keuntungan diri sendiri tapi bagaimana juga memperhatikan keadaan di sekitar dan generasi-generasi yang akan datang untuk memberikan dampak yang positif.

Chat with us